• (024) 6723456
  • teknikinformatika-s1@stekom.ac.id

Tugas Seorang Business Intelligence

1. Analisa Data

Menjadi seorang BI, analisa data penting dilakukan sebagai tugas utama. Ketelitian sangat diperlukan dalam hal ini, karena kesalahan sekecil apapun itu akan berdampak negatif pada proses pengambilan keputusan bisnis. 

2. Mengolah Data

Data perusahaan adalah informasi yang bersifat rahasia, berisi rencana bisnis perusahaan sampai informasi pribadi tiap karyawan. Untuk mengolah sebuah data tentu bukanlah hal yang mudah. BI harus tahu bagaimana cara agar data perusahaan berada di tempat yang aman tanpa ada kebocoran. 

3. Mengembangkan Hasil Analisa Data

Dalam prosesnya, BI membutuhkan alat bantu guna mengembangkan hasil analisa data. Alat bantu tersebut berupa perangkat lunak seperti Yellowfin BI, Zoho Analytics, SAP Business Objects, SAS Business Intelligence, Power BI, dan lain-lain. Hasil analisa data nantinya diperlukan untuk memberikan insight dalam proses pengambilan keputusan bisnis.

4. Pengamatan dan Evaluasi

Business intelligence harus secara teratur memantau dan mengevaluasi hasil analisis data dan wawasan bisnis. Penilaian ini bertujuan untuk menjaga kualitas data begitupun dengan wawasan bisnis. Kualitas yang buruk membuat perusahaan tidak dapat berkembang secara optimal. 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved