• (024) 6723456
  • teknikinformatika-s1@stekom.ac.id

Tips Menggunakan Komputer Yang Benar dan Sehat Saat Bekerja

 

Keseharian menjalani rutinitas dikantor adalah bagian dari aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dengan penggunaan perangkat Komputer. Perangkat Komputer merupakan kehandalan bantuan Tehnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang saling terintegrasi satu dengan lainnya yang biasa kita sebut dengan Computer Based Information System (CBIS). 

 

Terkadang kita lupa karena faktor kebiasaan sehari-hari dalam bekerja tanpa memperhatikan prosesur yang baik dan benar. Dalam menggunakan perangkat Komputer sebagai penunjang pekerjaan kita perlu tips-tips dalam pengoperasian komputer dengan baik dan benar. agar terhindar dari error system dan human error. sehingga pekerjaan kita bisa diselesaikan dengan baik tepat dan sesuai harapan. 

 

Kebiasaan menjadi budaya kita dalam mengerjakan sesuatu, biasanya kalau lagi sibuk job, report yang begitu padat serba deadline sehari duduk didepan komputer terkadang bisa mengakibatkan kelelahan mata, pinggang terasa pegal, belum lagi lama duduk bisa mengakibatkan sakit bokong lama lama bisa berdampak pada sakit ambein.

 

bagaimana tips-tips menggunakan perangkat Komputer dengan baik dan benar?  yang kadang manjadi masalah bisa mengakibatkan sistem error dan bahkan rusak. ditambahkan juga tips kesehatan didepan  layar komputer saat bekerja, selain pekerjaan tuntas pastinya kesehatan kitapun terjaga dengan baik.

 

Berikut tips Mengoperasikan Komputer dengan baik, pertama cek dan pastikan bahwa kabel power dari Monitor dan CPU dalam Kondisi Stand by, Artinya kontak kabel power dari CPU dan Monitor  berada pada terminal arus. bila belum maka kita coba lakukan pasang kabel power untuk terhubung ke terminal arus.

 

Kedua, setelah terhubung ke ke arus maka selanjutnya menghidupkan tombol pada CPU dan Monitor tunggu sampai layar monitor ada tampilan windows, dan ada suara kipas dan mesin pada CPU beroperasi maka sistem sudah dipastikan hidup dan proses Loading.

 

ketiga, setelah posisi monitor pada tampilan layar windows berarti komputer Anda siap untuk dioperasikan sesuai kebutuhan kita.  

 

keempat, setelah Mengoperasikan  Komputer dalam menyelesaikan pekerjaan kita maka langkah selanjutnya adalah menutup layar komputer dengan klik shutdown pada dekstrop komputer kita. tunggu dan pastikan tidak ada tampilan layar pada monitor dan suara pada  CPU kita. nah itu dia tips Mengoperasikan Komputer versi penulis.

 

Selanjutnya selain tips Mengoperasikan  Komputer dengan baik dan benar. berikut tips sehat menggunakan komputer dalam bekerja.

 

pertama, pastikan posisi duduk, pada punggung kita tegak lurus keatas dibuat rileks ya jangan kaku, untuk kaki tetap berpijak pada lantai. untuk siku lutut berada pada 90°, Kedua posisi punggung harus tegak lurus tidak boleh miring baik kekiri maupun kekanan ini menghindari pegal dan kaku pada punggung kita. ketiga posisi pandangan mata pastikan mata kita sering dikedipkan bila mata terasa lelah, atau mengalami pandangan kurang nyaman silahkan bisa kekuar sebentar untuk melihat objek atau benda lain.,

 

keempat, bilamana monitor Anda terlalu cerah maka kurangi kecerahan yang bisa mengakibatkan  pengelihatan kita kurang dan silau. sebaikanya diatur kecerahan layar komputer kita. Solusi lain bisa menggunakan kacamata Anti radiasi dan silau cahaya monitor.

 

Kelima, bila terasa lelah dan pegal-pegal coba Anda berdiri dan lakukan geraken bebas seperti geraken warming up untuk menghilangkan pegal dan menyegarkan kita lagi.

 

Pastikan sebelum melakukan pekerjaan dengan komputer alangkah baiknya kita berdo'a dengan keyakinan kita masing-Masing semoga pekerjaan kita selesai dengan baik dan kita selalu sehat.demikian tips sharing bagaimana Mengoperasikan Komputer dan sehat mengunakan komputer.


https://www.kompasiana.com/jamaluddin-4863/6322f7a408a8b527a0685452/tips-mengoperasikan-komputer-saat-bekerja?page=3&page_images=1 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved