• (024) 6723456
  • teknikinformatika-s1@stekom.ac.id

Business Intelligence (BI) adalah peran penting dari sebuah perusahaan yang bertugas untuk mengolah dan menganalisis data, sehingga perusahaan tersebut dapat mendapatkan keputusan yang tepat dan akurat. BI sangat bergantung pada data untuk menganalisa dan mengubahnya menjadi peluang dan inovasi dalam metode pengembangan bisnis.

Business Intelligence adalah aspek penting yang membantu suatu bisnis dalam membuat strategi pemasaran berdasarkan dengan data pasar. Data tersebut selanjutnya diproses oleh BI atau yang biasa disebut Business Intelligence. Untuk perannya yang begitu penting, belum banyak orang mengetahui tentang tanggung jawab seorang BI. Merencanakan, mengelola, dan memberikan hasil akhir yang berupa informasi akurat merupakan tanggung jawab business intelligence. 

Karena masih  banyak yang belum menyadari betapa pentingnya BI dalam dunia bisnis, kali ini Sekawan Media akan mengupas tuntas tentang Business Intelligence. Simak artikel berikut ya!

Apa Itu Business Intelligence?

Istilah business intelligence (BI) dapat merujuk pada suatu profesi atau aktivitas yang dilakukan dalam sebuah bisnis. Namun, pada artikel kali ini, Sekawan Media akan membahas business intelligence sebagai sebuah profesi. 

Business Intelligence adalah peranan dalam sebuah perusahaan yang bertugas dalam mengolah dan menganalisis data, sehingga perusahaan tersebut dapat mendapatkan keputusan yang tepat dan akurat. Hasil akhir yang dimaksud adalah mencakup kebutuhan industri, strategi pemasaran, dan gambaran keuntungan yang nyata. BI sangat bergantung pada data untuk menganalisa dan mengubahnya menjadi peluang dan inovasi dalam metode pengembangan bisnis.

Pengertian BI Menurut Para Ahli

BI adalah topik yang cukup menarik untuk dibahas para ahli. Berikut pengertian BI menurut beberapa ahli:

a. Menurut Robet Half

Peran penting yang membuat hasil analisa dalam sebuah bisnis agar dapat dijadikan acuan untuk perusahaan saat bekerja sama dengan staf.

b. Menurut Vercellis

Set model matematika dan metodologi analisis yang mengeksploitasi data dan berguna untuk proses pengambilan informasi serta keputusan akhir.

c. Menurut Howard Dresner

Metode untuk meningkatkan cara menentukan keputusan akhir menggunakan bantuan sistem mengenai fakta yang terjadi.


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved