• (024) 6723456
  • teknikinformatika-s1@stekom.ac.id

Mengenal Komputer Quantum

MENGENAL KOMPUTER KUANTUM

 

Komputer merupakan salah satu teknologi yang bermanfaat dan banyak membantu berbagai macam pekerjaan manusia. Mulai dari pekerjaan-pekerjaan ringan seperti membuat dokumen, memasukkan data, hingga pekerjaan yang lebih rumit seperti simulasi dan analisis data. Tidak heran jika kini teknologi komputasi digunakan oleh berbagai macam sektor industri.

Salah satu jenis teknologi komputer dengan sistem canggih yang banyak digunakan dalam industri adalah komputer kuantum. Komputer kuantum adalah jenis teknologi komputasi yang menggunakan proses qubit, yaitu sistem yang lebih canggih dibandingkan komputer biasa. Jenis komputer ini banyak digunakan dalam berbagai jenis bidang dan industri, mulai dari keuangan, militer, intelijen, penemuan obat, hingga pencarian big data.

 

Bukan hanya itu, perusahaan Google juga menggunakan dan mengembangkan komputer kuantum untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran mesin. Begitu juga dengan beberapa perusahaan besar dunia yang menggunakan komputer kuantum sebagai investasi. Teknologi ini dapat mendukung kinerja perusahaan yang lebih baik dalam memberikan layanan.

Ini menjadi salah satu bentuk penemuan teknologi yang menarik untuk disimak. Selain memiliki sistem yang lebih canggih, komputer kuantum juga memiliki keunggulan lain jika dibandingkan dengan komputer klasik. Dilansir dari situs Investopedia, kami merangkum pengertian, cara kerja, dan keunggulan komputer kuantum adalah sebagai berikut.

 

Komputer kuantum adalah jenis teknologi komputer yang melakukan pemrosesan informasi menggunakan qubit. Sistem qubit ini memungkinkan penggunaan transistor bernilai 1 atau 0 secara bersamaan. Berbeda dengan komputer klasik atau komputer pada umumnya yang hanya bisa menggunakan satu transistor saja, yaitu 1 atau 0.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa komputer kuantum adalah teknologi dengan sistem yang lebih canggih dibandingkan komputer biasa. Jika komputer biasa digunakan untuk mengerjakan pengolahan data ringan, komputer kuantum dapat menjalankan pekerjaan yang lebih rumit. Seperti simulasi dan analisis data, menguji penemuan obat kimia, hingga berbagai urusan di segala bidang. Baik itu keuangan, militer, intelijen, desain ruang angkasa, fusi nuklir, desain polimer, pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, hingga pencarian big data dan manufaktur digital.

 

Cara Kerja Komputer Kuantum

Setelah mengetahui pengertiannya, berikutnya perlu dipahami bagaimana cara kerja komputer kuantum. Komputer kuantum adalah teknologi yang menggunakan sistem komputasi yang berbasis pada prinsip teori kuantum, yaitu prinsip perilaku teori dan material pada tingkat atom dan subatom yang berbeda. Komputer ini menggunakan bit kuantum (qubit) yang dapat menyandikan informasi dengan nilai 1 dan 0 secara bersamaan.

Dengan kemampuan ini, komputer kuantum dapat memproses data jauh lebih cepat dibandingkan komputer klasik atau komputer biasa. Tidak heran jika banyak perusahaan besar di dunia menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan kinerja di segala sisi. Teknologi ini dapat mendukung pengolahan dan analisis data yang lebih akurat dan efisien.

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerjanya, terdapat beberapa keunggulan komputer kuantum yang perlu Anda ketahui. Dilihat dari sistemnya, komputer kuantum memiliki sistem yang lebih canggih dibandingkan komputer biasa. Ini pun memberikan pengaruh positif pada kemampuan komputer dalam melakukan beberapa pekerjaan.

Beberapa keunggulan komputer kuantum adalah sebagai berikut :

  1. Komputer kuantum memiliki kemampuan akses yang lebih cepat dibandingkan komputer klasik maupun super computer.
  2. Komputerkuantum dapat melakukan perhitungan dalam 200 detik, sedangkan komputer tercepat di dunia membutuhkan waktu hingga 10.000 tahun untuk memecahkan hitungan tersebut.
  3. Meskipun memiliki kecepatan yang lebih tinggi, namun komputer kuantum mengonsumsi energi yang jauh lebih rendah.
  4. Sistem algoritma kuantum dapat memecahkan masalah lebih cepat dan efisien dibandingkan jenis komputer lainnya.
  5. Kekuatan komputer kuantum tumbuh secara eksponensial.

Meskipun mempunyai beberapa keunggulan dibanding komputer klasik atau jenis komputer lainnya, namun untuk membangun komputer kuantum ini masih membutuhkan biaya yang sangat mahal. Sejauh ini hanya perusahaan besar di dunia mampu menggunakan teknologi ini sebagai investasi yang mendukung kinerja di berbagai bidang. Meskipun begitu, Shenzhen SpinQ Technology yang berbasis di China berencana untuk menjual komputer kuantum desktop dengan harga yang lebih murah, yaitu $5.000 kepada konsumen untuk sekolah dan perguruan tinggi.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved