• (024) 6723456
  • teknikinformatika-s1@stekom.ac.id

Bisa dibilang, content marketing adalah salah satu cara pemasaran yang sangat efektif apabila dikelola dengan baik. 

Anda pasti sering mendengar berbagai pepatah tentang hal-hal yang berkaitan dengan konten, seperti “Satu gambar bermakna ribuan kata,” yang berarti ada begitu banyak pesan di balik sebuah gambar, atau “Buku adalah jendela dunia,” yang berarti tulisan juga bisa memberikan impact yang luar biasa.


Melalui konten yang dikelola dan dioptimasi dengan baik, Anda bisa mencapai berbagai tujuan, tak terkecuali dalam hal bisnis.

Singkatnya, tujuan content marketing adalah untuk mempromosikan bisnis Anda melalui konten yang dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan exposure dan engagement. 

Jika diuraikan, ada beberapa poin yang sebenarnya perlu Anda ketahui mengenai tujuan dan manfaat content marketing.


Berikut tujuan content marketing untuk bisnis Anda:


1. Menciptakan Persona Bisnis Profesional

Bisnis yang memiliki konten yang menarik akan menciptakan kesan bahwa mereka benar-benar serius menjalankan bisnisnya. 

Calon pelanggan pun bisa melihat bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik. Pelanggan yang merasakan kesan ini saat kali pertama membaca atau menyimak konten Anda pasti akan menaruh kepercayaannya pada bisnis Anda.  Dengan demikian, mereka pun akan terus kembali melihat konten Anda, yang pada akhirnya bisa turut meningkatkan konversi.


2. Brand Anda akan Semakin Dikenal

Selanjutnya, setelah pelanggan mendapatkan kesan pertama yang bagus dan menaruh kepercayaan pada bisnis Anda, mereka pun akan dengan senang hati melakukan promosi secara tidak langsung dengan memperkenalkan bisnis Anda kepada teman-teman maupun keluarganya.  Hingga akhirnya, proses ini terjadi berulang-ulang dan bisnis Anda pun makin dikenal secara luas.


3. Menghasilkan Traffic yang Lebih Tinggi

Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya, jika bisnis Anda semakin dikenal, otomatis traffic yang masuk ke website Anda pun akan meningkat. 

Ini menjadi keuntungan sendiri bagi Anda, karena traffic yang tinggi tentu saja akan mendatangkan lebih banyak pemasukan. Selain itu, jika Anda juga menerapkan content marketing strategy melalui website atau blog, peringkatnya juga akan meningkat di Google dalam hal SEO.


4. Meningkatkan Angka Penjualan

Seiring dengan meningkatnya traffic ke website Anda, peluang konversi juga bertambah. 

Dengan konten yang berkualitas, Anda bisa “merayu” atau membujuk pengunjung untuk membeli produk Anda. Nah, maka dari itu, penting bagi Anda untuk memaksimalkan konten dari berbagai sisi, baik konten gambar, copywriting, maupun video di berbagai channel bisnis Anda yang bisa dijangkau calon pengunjung.


5. Mempertahankan Tingkat Retensi

Pelanggan yang menyukai konten Anda dijamin akan terus kembali mengunjungi website atau media yang Anda gunakan untuk berbagi konten. 

Misalnya saja, Anda membuat strategi content marketing melalui media sosial seperti Instagram. Kalau bisa mempertahankan kualitas konten, orang-orang pasti akan follow akun Anda, dan tetap mengikuti konten yang Anda upload di sana. Jadi, semua tujuan content marketing ini sebenarnya bagaikan rantai yang saling terkait.


6. Memperluas Jaringan Partnership

Terakhir, tujuan dan manfaat content marketing bagi bisnis Anda adalah mengembangkan relasi dan partnership dengan bisnis lainnya. 

Dari sini, Anda pun bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain, hingga akhirnya melakukan ekspansi bisnis. Memang luar biasa content marketing ini!


Kesimpulan

Seperti yang Anda tahu, saat ini digital marketing adalah salah satu cara ampuh untuk mengembangkan bisnis. Dari sekian banyak strateginya, content marketing adalah yang paling utama dan mendasar. Alasannya, karena pada dasarnya setiap materi pemasaran pasti membutuhkan konten.

Khususnya di media digital yang kebanyakan penggunanya adalah anak muda, content marketing menjadi metode yang paling tepat untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda. Melalui konten yang disusun dengan baik, Anda bisa mendapatkan perhatian anak-anak muda usia produktif ini dalam upaya mengembangkan bisnis Anda.

Setelah mengetahui apa itu content marketing beserta strategi content marketing dan tujuannya, sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai memaksimalkan konten dan belajar digital marketing agar bisnis Anda makin moncer. Yuk! Tunggu apa lagi?

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved