• (024) 6723456
  • teknikinformatika-s1@stekom.ac.id

Konsep dan Teori ahli Tentang Data Mining

 

Apa itu Data Mining?

Data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data. Proses pengumpulan dan ekstraksi informasi tersebut dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistika, matematika, ataupun teknologi Artificial Intelligence (AI). Data mining sering disebut juga Knowledge Discovery in Database (KDD).

 

Pendapat dari beberapa ahli

Dalam bukunya David Hand, dkk. mengemukakan pendapat mereka tentang data mining, yang dimana menurut mereka data mining adalah analisis data untuk menemukan hubungan yang jelas dan menyimpulkan sampai sekarang tidak diketahui dengan cara yang saat ini dipahami dan berguna bagi pemilik data .

 

Sementara Wahyudin menjelaskan bahwa, data mining adalah proses yang statistik, matematika, kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin mengekstrak dan mengidentifikasi informasi berguna terkait dari berbagai basis data.

 

Pramudiono Sendiri pada jurnalnya mengemukakan beberapa hal mengenai salah satunya penjelaskan tentang data mining. menurutnya Data Mining adalah rangkaian mengeksplorasi nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang belum diketahui secara manual.

 

Vulandari menjelaskan tentang data mining dan juga fungsinya. menurutnya Data Mining adalah serangkaian untuk menambah dan menemukan informasi yang belum diketahui secara manual dari database. Informasi yang dihasilkan diperoleh dengan mengekstraksi dan menyoroti atau pola yang menarik dari data dalam database. Data mining terutama digunakan untuk mencari konten di database besar, itulah sebabnya sering disebut database penemuan pengetahuan.

 

Jaggia sendiri menjelaskan bahwasannya Data mining  adalah didefinisikan sebagai kompleks untuk memeriksa kumpulan besar data untuk menemukan pola tersembunyi dan hubungan dan digunakan untuk mendapatkan wawasan bisnis yang berharga.

 

Tujuan data mining

Data mining dilakukan untuk memenuhi beberapa tujuan tertentu. Berikut ini adalah tujuan-tujuan dari data mining:

1.    Sebagai sarana menjelaskan (Explanatory)

Data mining dapat digunakan sebagai sarana untuk menjelaskan suatu kondisi penelitian.

2.    Sebagai sarana konfirmasi (Confirmatory)

Data mining dapat digunakan sebagai sarana untuk memastikan sebuah pernyataan atau mempertegas suatu hipotesis.

3.    Sebagai sarana eksplorasi (Exploratory)

Data mining dapat digunakan sebagai sarana untuk mencari pola baru yang sebelumnya tidak terdeteksi.

 

Metode data mining

Secara umum, terdapat beberapa metode yang digunakan untuk melakukan data mining. Berikut ini adalah metodenya:

 

1.    Association

Teknik yang pertama adalah association. Association adalah metode berbasis aturan yang digunakan untuk menemukan asosiasi dan hubungan variabel dalam satu set data. Biasanya analisis ini terdiri dari pernyataan “if atau then” sederhana. Association banyak digunakan dalam mengidentifikasi korelasi produk dalam keranjang belanja untuk memahami kebiasaan konsumsi pelanggan. Sehingga, perusahaan dapat mengembangkan strategi penjualan dan membuat sistem rekomendasi yang lebih baik.

2.    Classification

Selanjutnya classification, ia adalah metode yang paling umum digunakan dalam data mining. Classification adalah tindakan untuk memprediksi kelas suatu objek.

3.    Regression

Regression adalah teknik yang menjelaskan variabel dependen melalui proses analisis variabel independen. Sebagai contoh, prediksi penjualan suatu produk berdasarkan korelasi antara harga produk dengan tingkat pendapatan rata-rata pelanggan.

4.    Clustering

Terakhir, metode clustering. Clustering digunakan dalam membagi kumpulan data menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemiripan atribut yang dimiliki. Contoh kasusnya adalah Customer Segmentation. Ia membagi pelanggan ke dalam beberapa grup berdasarkan tingkat kemiripannya.

 

Penerapan data mining

Sebelumnya kita sudah mengetahui penjelasan, tujuan, dan metode data mining. Nah, sekarang mari kita bahas penerapan data mining dalam beberapa sektor industri. Berikut adalah penerapannya.

1.    Bisnis

Dalam sektor bisnis, biasanya data mining digunakan untuk pemasaran, analisis pasar, dan analisis kebutuhan pelanggan. Mari kita bahas satu per satu.

2.    Pemasaran. Data mining digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik dan memprediksi perilaku pelanggan.

3.    Analisis pasar. Dalam analisis pasar data mining digunakan untuk menemukan korelasi antara satu produk yang dijual dengan produk lainnya. Sehingga, penjual dapat melakukan strategi untuk meningkatkan penjualan.

4.    Analisis kebutuhan pelanggan. Data mining digunakan dalam mengidentifikasi produk yang menarik untuk pelanggan. Selain itu, ia juga digunakan dalam memprediksi faktor apa yang dapat menarik pelanggan baru.

5.    Edukasi

Dalam sektor edukasi, data mining membantu untuk memahami karakteristik masing-masing siswa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pola pembelajaran terbaik yang dapat diterapkan dalam sesi pembelajaran.

6.    Asuransi

Dalam sektor asuransi, data mining digunakan untuk memahami minat dan kebutuhan nasabah. Sehingga, perusahaan asuransi bisa memberikan penawaran yang menarik bagi nasabah. Selain itu, perusahaan asuransi menggunakan data mining untuk mendeteksi penipuan dan risiko pada pengajuan klaim asuransi.

7.    Perbankan

Dalam sektor perbankan, data mining digunakan untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan nasabah tidak dapat melunasi pinjaman. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko kerugian.

 

Jadi, apa itu data mining?

Berdasarkan uraian di atas, data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data. Data mining memiliki tiga tujuan yaitu sebagai sarana untuk menjelaskan atau explanatory, untuk konfirmasi atau confirmatory, dan untuk eksplorasi atau exploratory. Ia juga memiliki beberapa metode seperti Association, Classification, Regression, dan Clustering.

 

Kesimpulan

Dari penjelasaan yang ada diatas dapat saya simpulkan bahwa Data Mining merupakan rangkaian metode yang bertujuan untuk mengloah data yang nantinya akan menghasilkan informasi yang berguna

 

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved