• (024) 6723456
  • teknikinformatika-s1@stekom.ac.id

Python Tersedia Gratis dan Open-Source

Python adalah bahasa open-source yang dikelola oleh Python Software Foundation, perusahaan nonprofit yang memegang hak kekayaan intelektual atas Python.

Siapa saja bisa menggunakan dan mendistribusikan Python secara gratis, bahkan untuk tujuan komersial. 

Asalkan memiliki komputer dan kemauan untuk belajar, semua orang bisa mempelajari coding dalam bahasa Python.


Untuk mendownload versi terbaru Python, cukup kunjungi website resmi Python, lalu klik Downloads pada navigation bar, lalu klik tombol Download Python. 

Versi defaultnya memang untuk Windows, tapi Python juga tersedia untuk OS lainnya, termasuk Linux dan macOS.


Hingga 2022, Python 3 dianggap sebagai versi paling update bahasa pemrograman ini. 

Sementara itu, pendahulunya (Python 2) sudah dihentikan dukungannya pada Januari 2020 dan tidak lagi diupdate dengan perbaikan bug, fitur baru, atau patch keamanan.

Python adalah Bahasa yang Mudah Dipelajari

Pada proses awal belajar coding, pemula mungkin kesulitan memahami cara kerja bahasa pemrograman secara umum, terutama kalau bahasa asli mereka sangat berbeda.

Sebagai salah satu bahasa pemrograman termudah untuk dipelajari, Python menggunakan sintaksis sederhana dengan banyak kata kunci dalam bahasa Inggris. 

Python dirancang menjadi bahasa yang ringkas dan mudah dibaca, sehingga lebih user-friendly dibanding bahasa lain seperti C++ dan Haskell.

Selain kesederhanaan dan konsistensinya, faktor lain yang berkontribusi pada kemudahan penggunaan Python adalah sifatnya sebagai bahasa pemrograman yang diterjemahkan (interpreted), 

tidak seperti bahasa compiled seperti C atau C++.


Jadi, Anda bisa menjalankan tiap baris kode segera setelah ditulis untuk langsung melihat hasilnya, atau melakukan penyesuaian kalau diperlukan. 

Dengan begitu, para programmer pun bisa menghemat waktu serta mengecek kesalahan dengan cepat dan mudah.


Python Populer di Komunitas Pemrograman

Berdasarkan TIOBE Programming Community Index yang mengindikasikan popularitas bahasa pemrograman, Python menempati posisi nomor satu hingga April 2022.

Dengan adanya komunitas Python yang besar ini, berarti para programmer bisa saling tanya-jawab dan membahas masalah coding dengan banyak orang.

Contohnya, di platform tanya-jawab coding Stack Overflow, ada lebih dari 1 juta pertanyaan yang diberi tag Python. 

Ada lebih dari 2 juta repositori juga yang diberi tag Python di GitHub, platform hosting kode yang digunakan para programmer untuk version control dan kolaborasi.


User Python juga bisa mengunjungi forum resminya untuk mendiskusikan beragam topik yang berkaitan dengan bahasa tersebut, komunitasnya, dan Python Software Foundation.

Selain komunitas online-nya yang besar, banyak Python User Groups yang memiliki jadwal pertemuan offline informal bulanan untuk berbagi tips. 

Terdapat lebih dari 1.000 grup di sana dengan lebih dari 800.000 pengguna Python dari seluruh dunia.


Python adalah Bahasa yang Serbaguna

Selain mudah dipelajari, Python juga populer karena keserbagunaannya. Penggunaan bahasa ini mencakup berbagai bidang, termasuk data science, web development, dan machine learning. 

Selain itu, Python adalah bahasa cross-platform, yang berarti bisa berjalan di berbagai OS seperti Windows, Linux, dan macOS.

Lebih kerennya lagi, bahasa coding populer ini bisa dijalankan bersama bahasa lainnya.

Implementasi referensi CPython, misalnya, ditulis dalam bahasa C dan Python. Contoh implementasi lainnya termasuk Jython, yang ditulis dalam Java dan Python, serta IronPython, yang dibuat dalam bahasa Python dan C# serta terintegrasi dengan framework .NET.

Kemudian, ada lebih dari 100.000 library Python. Library adalah kumpulan kode siap pakai yang ditulis oleh para programmer dan digunakan untuk menjalankan tugas yang sering berulang.

Besarnya library atau framework ini digunakan untuk banyak tujuan di berbagai bidang. Para programmer bisa menghemat waktu menggunakan library ini, sehingga mereka tidak perlu menulis dan mengedit rangkaian kode sama yang sering digunakan.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved